Uleegle's Blog

Welcome To Ulee Gle …

Kenapa Air Laut Asin?

Posted by iswadi pada Desember 30, 2009

kamu tahu ngak pada awal bumi terbentuk. lapisan dalam bumi panaaaaaaas banget sehingga banyak gunung meletus. abu-abu gunung itu mengandung klorida, abu-abu tersebut mengumpul dan menjadi awan, dan terjadilah hujan besar yang menciptakan laut yg mengandung klorida yg rasanya asam. pada saat itu silus air mulai lancar. ombak laut dapat menyebabkan abrasi. batu-batu pada waktu itu mengandung banyak sodium, jadi begitu ombak laut menghantam bebatuan, unsur sodiumnya terlepas dari bebatuan dan lepas menuju laut, yang namanya abrasi tidak hanya terjadi skali, tapi berkali-kali. setelah sodium tadi lepas ke laut maka sodium tadi akan bersenyawa dengan klorida dan…………… jadilah sodium klorida! sodium klorida atau garam awal mulanya yaitu: benda asam (klorida) yang bertemu sodium (sodium adalah metal lunak yang bisa dipotong layaknya roti) menjadi suatu benda yang rasanya asin! unik bukan?

jawaban alternatif lainnya

Begini ceritanya… air hujan mencuci daratan kemudian masuk ke paritan, sungai dan telaga sambil membawa garam-garam terlarut sampai ke lautan. Perbedaannya adalah air laut jauh lebih tua dibandingkan air di bagian-bagian lain– estimasi sekitar 4 atau 5 milyar tahun dibanding hanya sekian juta tahun.
Selama sekian milyar tahun air laut telah mengalami re-cycle secara kontinyu- yaitu menguapkan air yang kemudian jatuh menjadi air hujan ke daerah daratan dan mengalir kembali ke laut sambil membawa muatan garam baru. Siklus yang terjadi terus menerus ini secara otomatis akan meningkatkan kadar garam di laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: